BAB I
PENDAHULUAN
PENDAPAT-PENDAPAT
MENURUT PARA AHLI
1.
Pengertian
Motivasi menurut Woolfolk
Motivasi
difinisikan sebagai:" Sesuatu yang datang dari dalam diri sendiri yang
menimbulkan gairah belajar atau dorongan untuk belajar secara langsung agar menjadi
sesuatu kebiasaan."
2.
Pengertian Komunikasi
menurut Himstreet & Baty
Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antar
individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol,
sinyak-sinyal, maupun perilaku atau tindakan.
3.
Pengertian
Konflik menurut Taquiri dalam Newstorm dan Davis
Konflik
merupakan warisan kehidupan sosial yang boleh berlaku dalam berbagai keadaan
akibat daripada berbangkitnya keadaan ketidaksetujuan, kontroversi dan
pertentangan di antara dua pihak atau lebih pihak secara berterusan.
4.
Pengertian
Kepemimpinan menurut Dubin 1951
Kepemimpinan adalah aktifitas para
pemegang kekuasaan dan membuat keputusan.
5.
Pengertian
Pengembangan Karir menurut Bambang
Wahyudi 161
Karir
merupakan kebutuhan yang harus terus ditumbuhkan dalam diri seseorang tenaga
kerja, sehingga mampu mendorong kemauan jiwanya.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Motifasi menurut Woolfolk
Woolfolk berpendapat bahwa Motifasi adalah Sesuatu yang
datang dari dalam diri sendiri yang menimbulkan gairah belajar atau dorongan
untuk belajar secara langsung agar menjadi sesuatu kebiasaan. Apabila seorang
pegawai, baru saja memasukki dunia kerjanya yang baru, kemudian pegawai
tersebut mempunyai tekad dalam bekerja supaya kinerjanya dapat dilihat oleh
atasannya dan atasannya menilai kinerjanya bagus. Maka pegawai haruslah giat
bekerja dan melakukan apapun yang diperintahkan oleh atasannya dengan baik.
Serta menjadikannya suatu kebiasaan supaya kinerja yang dilakukan tidak menjadi
beban untuk dirinya sendiri.
B.
Komunikasi menurut Himstreet
& Baty
Komunikasi adalah suatu proses
pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim),
baik dengan simbol-simbol, sinyak-sinyal, maupun perilaku atau tindakan. Dalam
suatu perkantoran komunikasi antar pegawai haruslah berjalan baik. Tidak hanya
dengan sesame pegawai, tetapi dengan Bos atau atasannya masing-masing juga
haruslah berjalan dengan baik. Misalnya Bos memerintahkan pegawainya untuk
segera bekerja dan pegawai harus melakukan pekerjaannya masing-masing tanpa
harus menolaknya
C.
Konflik
menurut Taquiri dalam Newstorm dan Davis
Konflik merupakan warisan kehidupan
sosial yang boleh berlaku dalam berbagai keadaan akibat daripada berbangkitnya
keadaan ketidaksetujuan, kontroversi dan pertentangan di antara dua pihak atau
lebih pihak secara berterusan.
Misalnya dalam suatu rapat pertemuan antara Pegawai dan Manager, jika pegawai
ingin memaparkan pendapatnya pada forum tersebut, dan Manager sedikit keberatan
dengan sanggahan tersebut maka Manager dengan sopan membicarakan kembali topic
tersebut tanpa harus ada kekacauan di forum itu.
D.
Kepemimpinan
menurut Dubin 1951
Kepemimpinan adalah aktifitas para pemegang kekuasaan dan
membuat keputusan. Dalam suatu organisasi perkantoran sangatlah dibutuhkan seseorang
untuk memimpin perusahaan tersebut supaya bisa berjalan sesuai dengan tujuan.
Kemudian seorang pemimpin haruslah mempunyai jiwa kepemimpinan terhadap
pegawai-pegawainya dan tidak memihak antara satu dengan yang lain. Dan seorang
pemimpin harus tegas dalam bertindak serta mengambil keputusan sesuai dengan
apa yang sedang terjadi.
E.
Pengembangan
Karir menurut Bambang Wahyudi
Karir merupakan kebutuhan yang harus terus ditumbuhkan dalam
diri seseorang tenaga kerja, sehingga mampu mendorong kemauan jiwanya.
Pengembangan karir harus dilakukan melalui penumbuhan kebutuhan karir tenaga
kerja, menciptakan kondisi dan kesempatan pengembangan karir serta melakukan
penyesuaian antara keduanya melalui berbagai mutasi personal.
BAB III
PENUTUP DAN
KESIMPULAN
Setelah mempelajari berbagai pendapat mengenai Teori
Keorganisasian diatas, kami dapat mengambil kesimpulan sedikit. Apabila kita
ingin dihargai kerja keras kita selama ini oleh atasan maka dari awal kita
haruslah membuat strategi khusus untuk mencapai keinginan kita, motivasi
misalnya. Motivasi adalah semangat khusus yang tumbuh dari dalam diri kita
masing-masing untuk bisa mencapai sesuai dengan tujuan kita. Kemudian
komunikasi antar pegawai haruslah berjalan dengan baik, karna dalam suatu
perusahaan komunikasi adalah suatu hal yang sangat penting. Sedangkan jika kita
mempunyai konflik apapun di perusahaan sesegera mungkin kita selesaikan tanpa
harus ada kekacauan sedikitpun.
Suatu perusahaan bisa dikatakan sukses, apabila
kekeluargaan didalam perusahaan tersebut berjalan dengan baik sehingga suasana
di dalamnya pun akan nyaman dan tentram. Dan tugas-tugas yang kita kerjakan
juga akan cepat selesai apabila kita memiliki ke-5 variable tersebut dengan
baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar