Kamis, 25 April 2013
KONSUMEN
1. Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen?
Perilaku konsumen adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh suatu individu sebagai pemakai suatu barang atau produk yang dibutuhkan, konsumen menginginkan adanya kepuasan terhadap kebutuhan yang dibeli dan dipilih karena konsumen adalah raja, bebas untuk memilih sesuai yang diinginkan.
2. Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri?
Karena antara perusahaan dengan konsumen tidak bisa dipisahkan, kedua-duanya saling membutuhkan, perusahaan menghasilkan suatu produk sedangkan konsumen sebagai pembeli atau pemakainya.
3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen?
Pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen, dapat dilakukan berupa promosi, wawancara tentang produk yang diminati atau dibutuhkan oleh konsumen.
4. Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen?
1.Motivasi (motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
2.Persepsi (perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangan tersebut.
3.Pembentukan sikap (attitude formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang mencerminkan sikap suka/tidak suka seseorang akan suatu hal.
4.Integrasi (integration) merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan.Integrasi merupakan respon atas sikap yang diambil.
5. Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen?
Produsen harus respon dan peka terhadap kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen, agar hasil produksi yang berupa barang atau jasa diterima oleh konsumen dan konsumen merasa puas.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar